Mata kita tertarik dengan hal yang teratur, dan hal teratur secara visual salah satunya adalah simetri. Untuk melatih kejelian mata dalam memotret, kita bisa mencari dan memotret simetri yang bisa kita temui dalam beberapa bentuk.
 
Simetri rotasi
Simetri bisa berwujud simetri rotasional (bentuknya tetap sama saat diputar) dan bilateral (bentuknya seperti saat separuh bagian merupakan cerminan dari separuh lainnya). Kita bisa melihat simetri sebagai pola, simetri bilateral misalnya adalah pola yang berulang dua kali.

Simetri bilateral
Simetri kadang tidak datang begitu saja. Toh, kita bisa mencarinya dalam banyak kemungkinan, cukup dengan secara jeli menempatkan diri dalam angle yang tepat, banyak obyek akan berbentuk simetri secara otomatis. Berikut ini beberapa tempat dimana anda bisa menemukan simetri:

Pojok Bangunan

Kita bisa berdiri dipojok bangunan dan memotret kedua sisinya untuk membentuk simetri yang manis. Tidak semua bangunan berbentuk simetri manis karena ada unsur jendela atau ornamen yang berbeda atau malah cahayanya yang berbeda, anda bisa mencari bangunan lain yang lebih ideal.

Simetri Alami

Anda bisa menemukan simetri dalam beberapa hal, misalnya bunga.

Simetri bunga

Simetri Struktural

Ada banyak bentuk struktur yang bisa kita manfaatkan untuk memotret simetri, kuncinya ada pada angle dimana kita memotret.

Symmetry

Lambat laun, kita akan makin sering menemukan simetri dalam berbagai bentuk dan kombinasinya sehingga hasil foto simetri anda juga akan makin kaya dan makin keren.

Semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat  buat para pembaca  setia CM Studio dan selamat mencoba. Salam Fotografi... :)

sumber : belajar fotografi
 
Top