Selamat sore semua..
Udah lama ni penulis tidak posting lagi,, hehe. Oke kali ini penulis akan menulis bagaimana sih tips dan trick fotografi profesional dengan kamera ponsel/HP di alam liar. Buat kamu yang mau tau caranya apa sih tips & tricknya buat gambar dari kamera ponsel memiliki unsur fotografi yang hebat jangan lewatkan Tips & Trick Fotografi Profesional Kamera Ponsel/HP Di Alam Liar yang satu ini ya! beberapa tips dibawah ini diambil dari fotografer kelas dunia, Tyler Stableford yang dipadukan dengan trick fotografi dengan ponsel.

1. Kenali Aturan Pada Ponsel dan Fiturnya


Kamera pada banyak ponsel saat ini umumnya telah memiliki resolusi diatas 5-Megapiksel, jadi bila Anda memilikinya Anda sudah bisa mendapatkan gambar yang cukup baik. Bila gambar ingin berkualitas tinggu, Aturlah kamera ponsel Anda agar bekerja pada aturan terbaiknya seperti resolusi tertinggi, ISO yang tepat, White balance yang sesuai dan banyak lagi. Setiap ponsel memiliki kemampuan yang berbeda-beda jadi kenalilah dengan baik.

2. Hindari Flash Lebih Baik Gunakan Cahaya Alami Matahari


Cahaya Flash yang bersumber dari arah yang menempel pada bodi ponsel akan membuat gambar alam liar Anda terlihat flat atau datar, jadi sebaiknya atur ponselmu agar tidak menggunakan cahaya flash. Matahari adalah objek utama yang indah untuk difoto pada alam liar, carilah sudut pengambilan gambar untuk mengambil objek matahari sekaligus memberi pencahayaan yang luar biasa pada hasil fotomu.

3. Teknik Depth Of Field

Teknik ini biasa digunakan pada kamera SLR menggunakan lensa macro, tetapi saat ini telah banyak lensa macro portabel untuk tambahan pada ponselmu, dengan harga yang tidak mahal sekitar Rp.50.000 s/d Rp.100.000 kita bisa mendapatkan gambar jarak dekat suatu objek dengan detail menabjubkan, saat ingin mengambil gambar jarak dekat dengan ponsel, biasanya ponsel sulit memfokuskan pada objek utama, maka aturlah fokus dengan cara memaju dan mundurkan ponsel Anda (baca  dasar fotografi macro).

4. Letakan Objek Utama Tidak Selalu ditengah


Menggunakan kamera ponsel biasanya kita mengambil objek utama ditengah frame, cobalah kreatif dengan meletakan objek pada bagian kanan atau kiri frame, agar pemandangan yang kamu abadika akan terlihat optimal dan lebih memiliki unsur fotografi yang berkelas.

5. Hindari Zooming

Zooming dengan kamera SLR dan lensa tele akan membuat efek yang blur yang sangat menarik, tetapi tidak dengan kamera ponselmu. Zooming akan membuat gambarmu menjadi terlihat pecah dan banyak noise. Jadi haram hukumnya memakai zoom bila ingin memotret dengan kualitas profesional melalui ponsel.

6. Shoot First, Effect Later!

Sebelum Diberi Efek

Setelah Diberi Efek

Beberapa aplikasi banyak dibuat untuk langsung memperlihatkan efeknya saat kamu mengambil gambar dengan ponsel, hal bukanlah tidak boleh, tetapi akan lebih bagus bila kamu memberi efek pada gambar yang masih mentah, karena denga gambar yang masih mentah kamu akan lebih bebas dan lebih banyak efek yang dapat kamu pilih yang paling cocok dengan hasil jepretanmu.

7. Bersihkan Lensa Kamera


Kadang kita terlupa hal sederhana ini, yaitu adalah mengapa gambar dari foto kamera kita tidak sebagus saat baru beli? Jwabannya sederhana, kaca penutup lensa Anda kotor, lihat dan bersihkanlah, maka Anda siap menjepret lebih banyak gambar yang jernih.


sumber : blog.Lazada
 
Top