Retouching foto di Adobe Photoshop bukan lah sebuah hal yang rumit, hanya dengan mengetahui saat yang tepat kapan dan dimana sebuah healing brush tool, patch tool dan stamp tool digunakan cukup bagi kita untuk menghandle hampir semua pekerjaan retouch foto, dari menyingkirkan/menghilangkan jerawat di photoshop menjadi sebuah pekerjaan yang mudah atau bahkan menambah awan agar foto tampak lebih indah semua dapat di lakukan hanya dengan menguasai 3 tool ini saja, retouching di Adobe Photoshop adalah sebuah pembelajaran yang tanpa ujung bila selalu di asah dan di gali baik itu fungsi nya, cara menggunakan nya dan bagaimana kita menerapkan nya pada sebuah foto pada point yang tepat.

Healing Brush Tool
apa itu Healing Brush Tool, Healing Brush Tool adalah sebuah tool/alat di dalam adobe photoshop yang memungkin kan kita untuk memperbaiki ketidaksempurnaan sebuah foto/gambar, contoh nya adalah sebuah noda atau goresan pada sebuah foto yang membuat sebuah foto menjadi tidak enak untuk di lihat.
Contoh diatas adalah penggunaan Healing Brush Tool untuk edit menghilangkan jerawat. lalu bagaimana cara menggunakan healing brush tool.
cara edit membersihkan jerawat dengan healing brush tool adobe photoshop cukup mudah, pada gambar di atas saya sudah menandai 2 lingkaran yang berawarna merah dan biru, untuk warna biru adalah area sample yang akan kita terapkan untuk area yang berwarna merah.pada area lingkaran berwarna biru tekan dan tahan tombol [Alt] pada keyboard lalu klik, ini untuk menandai area sample untuk area lingkaran merah yang akan kita hilangkan jerawatnya, lalu pada area lingkaran merah Klik kiri mouse. Hasilnya Jerawat pada area lingkaran berwarna merah akan menghilang mengikuti area sample pada lingkaran berwarna biru

Patch Tool
sekarang kita beralih ke Patch Tool untuk kegunaan retouching photo yang memiliki cakupan area yang dapat kita seleksi sendiri, hasil nya akan mirip dengan healing brush tool, hanya saja cara penggunaan nya serupa dengan lasso tool. saya langsung ke contoh cara penggunaan patch tool.
 
Top