Tutorial ini sebenarnya sudah sering saya pergunakan dibeberapa tutorial sebelumnya, namun masih banyak yang belum paham dan bertanya. Bagiamana cara memperbaiki warna photo ? Bagaimana agar photo terlihat lebih tajam ? Oke mungkin alangkah baiknnya kita membaca terlebih dahulu tutorial berikut ini tentang mempertajam warna.

clip_image002

1. Karena ini merupakan tutorial dasar, maka trik dalam mempertajam inipun tidak akan terlalu panjang, saya hanya mempraktekan trik yang sederhana dan sering digunakan

sekarang buka photo yang akan kita perbaiki warnanya. Terlihat dalam photo warnanya kurang tajam dan sedikit kusam.

clip_image004

untuk melihat dan mengembalikan warna aslinya, biasanya saya menggunakan auto color agar lebih cepat. Pilih menu Image-Auto Color (Shift+ctrl+B)

clip_image005

untuk proses selanjutnya silahkan duplikat photo tersebut dengan menakan Ctrl+J.

trik ini bertujuan agar file aslinya tidak ikut berubah. dan jika terjadi kesalahan bisa membuka kembali photo aslinya.

2. Untuk efek selanjutnya, biasanya saya menggunakan menu levels, anda bisa menggunakan menu Layer – New Adjustment Layer – Levels, Fungsi levels juga sama dengan curves dan Brigtness/Contras namun Levels memberikan kontrol yang lebih baik dan fleksibel saat mengedit foto. Akurasi Levels juga jauh di atas Brightness/Contrast.

clip_image007

Pada tahap inilah proses memperbaiki warna photo dimulai, untuk mengatur besar poinnya tergantung dari kulitas warna photo aslinya. jika pada kasus saya ini, saya menggunakan poin 39 – 1.00 – 255

clip_image009

3. Tambahkan kembali New Adjustment Layer, seperti Brightness/contrast

Fungsi dari Brightness/contrast adalah untuk mengatur terang dan gelapnya warna.

clip_image011

dan jika perlu tambahkan juga exsposure,

fungsi exposure adalah untuk meniru perubahan gambar ketika setting exposure pada kamera digital diubah. Jadi intinya perintah exposure untuk menentukan banyaknya cahaya yang disimpan oleh sebuah foto. Jika nilai exposure ditambah, maka akan menambah penangkapan cahaya atau makin terang, tetapi bila nilai exposure dikurang akan mengurangkan pencahayaan atau menggelapkan gambar.

clip_image013

Jika semua sudah di atur, kira-kira tampilan tab layer seperti ini

clip_image015

Lanjut dengan melakukan Marge, dengan menekan CTRL+Shift+E

Maka Semua layer akan menjadi satu, lanjutkan dengan menekan ctrl+J untuk menduplikat

clip_image017

Pada bagian mode layer ubah menjadi Soft Light dengan opacity >= 50%

clip_image018

4. Untuk membuat efek gelap, gunakan brun tool pada pinggiran photo …

clip_image019

dan hasil akhirnya seperti ini

clip_image021

Untuk membuat efek dan perubahan warna lainnya, alangkah baiknya tambahkan beberapa New Adjustment Layer lainnya. dengan mencoba satu satu meski hasilnyan tidak memuasakan, tapi dengan mencoba kita jadi lebih tahu fungsi setiap tool.

 
Top