clip_image001

Foto: Alphons Mardjono

 

Dengan desain khas ultrabook yang tipis, Sony VAIO Fit 14A yang kami uji ini sejatinya tergolong sebagai peranti convertible. Sepintas produk ini memang tampak seperti ultrabook biasa yang ramping dengan desain apik berbahan aluminium. Tetapi di bagian belakang layarnya terdapat engsel, yang disebut Sony sebagai multiflip, yang membuat layarnya dapat diputar 180 derajat, sehingga tampilan menghadap ke belakang. Dengan lipatan ini (mode viewer), pengguna ultrabook dapat memperlihatkan tampilan ke orang yang ada di depannya. Lalu bila layar dilipat lagi dan dirapatkan ke keyboard, VAIO Fit 14A akan segera berubah

Untuk melengkapi fungsi komputer tabletnya, Sony menyediakan digitizer stylus tetapi dengan pembelian terpisah. Stylus salah satunya dapat dipakai pada aplikasi VAIO Paper untuk membuat gambar sketsa atau  tulisan tangan. VAIO Paper sendiri telah terpasang di VAIO Fit 14A, selain aplikasi lainnya seperti CamScanner dan Clip.

Memang kenyamanan penggunaannya sebagai komputer tablet tidak dapat dibandingkan dengan produk seperti iPad atau Samsung Galaxy Tab. Selain lebih tebal, ultrabook ini juga lebih berat. Oleh sebab itu, pengguna tidak dapat menyangganya terlalu lama dengan satu tangan ketika mengoperasikannya sebagai komputer tablet, melainkan harus menyandarkannya ke pangkuan atau meletakkannya di atas meja.

Bila diletakkan di atas meja, mode viewer lebih nyaman untuk menjelajahi internet atau menjalankan fungsi komputer tablet lainnya. Pada mode ini, layar bisa dimiringkan sehingga membentuk sudut 60 sampai 45 derajat dengan keyboard. Layar memang sedikit goyang ketika kita memanfaatkan layar sentuhnya. Namun, layarnya masih cukup kuat untuk menahan tekanan sentuhan.

Dalam hal pengetikan, keyboard dengan tombol chiclet yang kurang menonjol sudah cukup memadai. Tetapi sayang, tombol-tombol seperti tidak disangga kuat sehingga bila ditekan, bidang di sekitar tombol ikut tertekan ke bawah. Meski respon taktil tombol sudah memadahi, tetapi pengetikan agak terasa “membal”.

Untungnya touchpad cukup lebar dan nyaman digunakan sebagai pengganti layar sentuh. Fungsi multitouch dan sensitivitasnya cukup bagus. Walaupun tombol kanan-kiri menyatu dengan bidang touchpad, touchpad-nya tidak bergoyang ketika digunakan untuk pengetukan (taping).

Audio VAIO Fit menggunakan teknologi suara ClearAudio+. Dua speaker stereo yang berada di sisi kanan kiri menghasilkan suara lumayan detail dan jernih.

Saat pengujian, kami menggunakan tingkat brightness maksimal di dalam ruangan dengan penerangan yang memadai. Warna-warna yang dihasilkan cukup kontras. Tetapi layar lumayan reflektif sehingga keberadaan sumber cahaya di belakang pengguna harus dihindari.

VAIO Fit telah menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-4 yang dipadu dengan akselerasi grafis Intel HD Graphics 4400. Hasil kinerjanya mirip dengan produk kompetitor yang menggunakan prosesor dan kartu grafis yang sama. Bahkan bila dibandingkan dengan Dell Latitude 3440, kinerja grafisnya cenderung sedikit di bawah (lihat tabel).

Daya tahan baterai produk ini sayangnya tidak istimewa. Kami berharap, untuk peranti ultramobile semacam ini, daya tahan baterai bisa lebih panjang, misalnya delapan jam atau bahkan sepuluh jam.

Meskipun demikian, secara keseluruhan, VAIO Fit 14A menawarkan fungsi convertible untuk penggunaan dengan mobilitas tinggi, dengan desain yang menarik.

 

Plus      :  Menawarkan fungsi komputer tablet dengan desain unik, ramping dan menarik, relatif ringan.

Minus :  Daya tahan baterai biasa, keyboard membal.

 

Hasil Uji

Pengujian

Sony VAIO Fit 14A
(Intel Core i5-4200U 1,6
GHz, RAM 4 GB DDR3,
HDD 1 TB, Intel HD
Graphics, 15,3 inci)

Dell Latitude 3440
(Intel Core i5-4200U,
RAM 4 GB DDR3, HDD 1 TB,
Intel HD Graphics,
14 inci)

PCMark 7 Pro v1.0.4

2597

2406

3Dmark11 Pro v1.0.3

P635

P779

Cinebench R11.5

2,51

1,85

Stalker (Day)

14,70 fps

16,50 fps

Encoding video

25 menit 34 detik

34 menit 19 detik

Encoding audio

1 menit 31detik

2 menit 19 detik

Daya Tahan Baterai   

   

Memutar HD Videot

3 jam 12 menit

2 jam 29 menit

Battery Eater

6 jam 15 menit

9 jam 22 menit

     

 

 

 

clip_image002

Desain ramping dengan layar lipat multiflip untuk fungsi tablet.

 

clip_image003

Engsel Multiflip
Bagian belakang-tengah layar dilengkapi engsel multiflip untuk melipat (memutar) layar sehingga menghadap ke arah sebaliknya.

clip_image004

Sisi Kanan
Sisi kanan: speaker, combo jack untuk headphone dan mikropon, selot kartu SD, selot USB 3.0, port Ethernet RJ-45, tombol power. Di sisi belakang kanan terdapat tombol volume suara.

 

 

clip_image005

Sisi Kiri
Power port, HDMI, USB 3.0, dan speaker.

 

 

 

Spesifikasi

HP Pavilion 11 X2

Prosesor

Intel Core i5-4200U 1,6 GHz

RAM

4 GB DDR3

Kartu grafis

Intel HD Graphics 4400

Kartu suara

Realtek HD Audio

Hard disk

1 TB

Fasilitas

Wi-Fi 802.11n, Bluetooth, selot SD card, 2 port USB 3.0,
webcam HD, HDMI, port Gigabit Ethernet, speaker stereo,
jack audio combo (mikropon/speaker).

Layar

L15,3 inci, resolusi 1920 x 1080

Sistem operasi

Windows 8 64-bit

Baterai

Lithium Polymer kapasitas 3170 mAh

Dimensi

33,7 x 23,6 x (2 – 2,6) cm

Bobot

,92 kg

Garansi

1 tahun

Situs web

www.sony.co.id

Harga (kisaran)

Rp 13.299.000

 

 
Top