Selamat sore gaes...!
Nah sekarang langsung kita mulai saja tutorial kali ini. Berhubung sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri, bagaimana kalo kita buat kartu ucapan lebaran saja? jadi hasil dari belajar tutorial kali ini bisa bermanfaat untuk kirim-kirim ucapan lebaran untuk teman, keluarga dan sanak saudara.
ide bagus ! hahaha
oke langsung saja kita mulai. (dari tadi kita mulai terus)
Software yang kita gunakan kali ini adalah CorelDraw. saya pakai CorelDraw X4 (sesuaiin spec. komputer T_T) Sobat bisa menggunakan seri diatasnya atau dibawahnya, masih ekuivalen kok.

clip_image002

nah untuk bahan-bahan yang akan kita masak kali ini adalah . . .
*ehh kok masak?
+ oh iya, salah ..!! maklum lagi puasa ^^
ini nih bahan-bahan yang kita gunakan

clip_image004

clip_image005

clip_image007

1. Langkah pertama, kita buat kertas dengan ukuran 10 x 10 cm

clip_image008

2. kemudian buat background untuk kartu ucapan kita dengan meng-import gambar background hijau tadi. ubah ukurannya menjadi 10x10cm kemudian tekan P agar Ia berada di tengah.

clip_image009

3. Kita buat kalimat "Selamat Idul Fitri" dengan font Alhambra Deep kalau belum punya font nya, kalian bisa download di link ini http://www.dafont.com/theme.php?cat=202 beri warna putih, kemudian berikan 18 pt pada ukuran font dan 0.75pt pada stroke dengan warna hitam.

clip_image010

4. Lalu "1434 Hijriyah" dengan font Harabara http://www.dafont.com/search.php?q=harabara sebesar 36pt dengan warna putih, letakan dibawah "Selamat Idul Fitri" beri stroke hitam 0.75pt

clip_image011

5. Untuk kalimat "Mohon Maaf Lahir & Batin" gunakan font "Harabara" 36pt . letakkan dibawah "1434 Hijriyah" beri stroke hitam 0.75pt

clip_image012

6. Langkah berikutnya adalah menambahkan gambar bedug dan ketupat tadi. import gambar ketupat dan bedug ke document kita. lalu posisikan gambar bedug dan ketupat seperti ini.

clip_image013

7. Kemudian potong bagian bedug yang tidak berguna dengan meletakkan 2 buah rectangle di sisi bawah dan kanan nya. seleksi ketiga objek (2 rectangle dan bedug) dengan menekan shift. kemudian klik 'Back Minus Front'

clip_image014

8. Langkah terakhir adalah menggeser seluruh kalimat dengan men-seleksi semuanya kemudian geser agak ke kanan.

clip_image015

Nah jadi deh kartu ucapan nya. simple dan mudah bukan? :D
Kalian bisa kreasikan hasil karya kalian dengan gaya desain kalian sendiri ^_^

image

Selamat Hari Raya Idul Fitri ya sobat Indies yang merayakan. Mohon maaf kalau saya ada kesalahan kata dan penulisan.
Penulis juga manusia biasa. ehehehe :D

 
Top