clip_image001

Setiap orang rata-rata memiliki file yang bersifat rahasia, yang benar-benar hanya ia seorang diri dan tidak menginginkan orang lain untuk mengetahui file tersebut. Apakah Anda memiliki file rahasia? Seperti data penting, daftar password, pin, atau mungkin foto dan video, terlebih lagi selingkuhan. Untuk menyimpannya, Anda pasti sangat bingung dan serba salah. Takut akan kebocoran apalagi sampai menyebar file tersebut, sampeyan pasti akan panik. Ingin menjaga file tersebut agar tidak dapat diakses orang lain, tetapi tidak ingin repot menjalankan aplikasi yang belum tentu dapat dijalankan dengan mulus.

Ada cara mudah untuk menyembunyikan sekaligus menjaga file-file anda dari jangkauan orang lain yang mungkin sering menggunakan notebook milik Anda. Tidak perlu download dan menggunakan berbagai macam aplikasi dari internet. Langkah-langkahnya sebagai berikut;

  • Buka notepad
  • Copy script dibawah ini;

@ECHO OFF

Kunci Folder

if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK

if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER

:CONFIRM

echo Apakah Anda ingin mengunci folder....?(Y/N)

set/p "cho=>"

if %cho%==Y goto LOCK

if %cho%==y goto LOCK

if %cho%==n goto END

if %cho%==N goto END

echo Invalid choice.

goto CONFIRM

:LOCK

ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"

attrib +h +s "Control panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"

echo Folder telah terkunci

goto End

:UNLOCK

echo Masukkan password Anda

set/p "pass=>"

if NOT %pass%== PIN1234 goto FAIL

attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"

ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker

echo Folder Unlocked successfully

goto End

:FAIL

echo Invalid password

goto end

:MDLOCKER

md Locker

echo Folder berhasil di buat

goto End

:End

  • Setelah script tersebut di copy, lalu di save as di direktori C atau D
  • Pilih opsi “all files”
  • Gunakan nama yang tidak menimbulkan kecurigaan
  • Gunakan nama yang menggunakan format *.bat
  • File locker telah selesai

Untuk menjalankan script tersebut, klik file yang berformat *.bat yang telah Anda simpan. Akan muncul folder “locker” di direktori yang sama. Sekarang, Anda dapat memindahkan file-file yang ingin sampeyan rahasiakan ke dalam folder “locker” tersebut. Setelah file-file rahasia telah dipindahkan, buka sekali lagi file yang berformat *.bat tersebut, lalu akan muncul sebuah jendela CMD yang bertuliskan “Apakah Anda ingin mengunci folder….?(Y/N). Klik huruf “Y”, klik file berformat *.bat yang sampeyan buat sekali lagi, lalu masukkan password “PIN1234”, dan folder “locker” dapat Anda akses.

Perhatian!!!
Sebelum melakukan trik ini pada data penting, alangkah baiknya jika Anda mencobanya terlebih dahulu di folder percobaan karena apabila dalam menggunakan trik ini mengalami masalah, termasuk data yang lenyap (Padahal hanya tersembunyi, selama sampeyan belum pernah melakukan delete file massal atau format ulang hard disk drive).

Untuk mengubah password PIN1234 dengan password yang Anda inginkan, dan Anda dapat merubahnya pada file diatas. Cukup dengan menghapus, dan memasukkan angka/huruf yang sampeyan kehendaki.

Dengan ini, Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana menyembunyikan file-file yang Anda khawatirkan jika dilihat oleh orang lain. Rahasia Anda dapat terjamin keamanannya. Dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk download bermacam-macam aplikasi.

 
Top