clip_image001

Elitegroup Computer Systems (ECS) baru-baru ini memperkenalkan LIVA, mini-PC terkecil berbasis Windows. Produk ini memiliki feature yang ada pada PC “standar” berukuran besar serta dilengkapi dengan Windows 8.1, LIVA Mini PC bisa menjalankan komputasi umum, game sehari-hari, serta aplikasi dasar.

Menurut ECS, kata LIVA merupakan gabungan dari kata “hidup” (“living”) dan kehidupan (“life/viva)” yang muncul dari semangat untuk menjalani kehidupan menjadi lebih baik. LIVA mengekspresikan semangat dalam mengejar nilai estetika dalam setiap cara hidup. LIVA berukuran 11,8 x 7 x 5,6 cm dan memiliki bobot 190 gram dan dapat digenggam.

ECS menyatakan bahwa LIVA cocok untuk pengguna PC tingkat pemula atau sebagai PC kedua untuk melengkapi sistem PC desktop yang berukuran lebih besar. Perangkat ini bisa dipakai untuk melakukan aneka aktivitas seperti streaming, browsing, dan mengunduh data. Pengguna bisa menghubungkan perangkat ini ke layar TV jika merasa layar monitornya terlalu kecil. Perangkat ini juga bisa dipakai sebagai home theatre karena kelengkapan audio, video, dan jaringannya.

Lengkap

LIVA dilengkapi dengan Intel Celeron Bay Trail-M SoC (System-on-a-Chip) dengan clock 2 GHz (dalam mode turbo) dan memiliki memori DDR3L 2 GB. Memori ini diklaim hemat energi sebesar delapan persen dibandingkan DRAM tipe lama.

ECS menyatakan bahwa produk ini hanya menggunakan listrik sebesar yang diperlukan lampu bolam. Via konektor daya USB 5 V/15 W, LIVA dapat dijalankan hanya dengan power bank. LIVA juga menggunakan arsitektur mikro “Silvermont” baru yang mengonsumsi daya rendah sehingga tidak panas dan tidak bising. Produk ini juga memiliki desain termal tanpa kipas sehingga ada suara mendesis akibat putaran kipas pendingin.

Sebagai penyimpan utama, tersedia eMMC (embedded multimedia card) berkapasitas 32 GB. Sementara untuk koneksi ke perangkat lain, tersedia sambungan Wi-Fi 802.11a/b/g/n dan Bluetooth 4.0 Combo Card. Juga tersedia port USB 3.0 serta Gigabit LAN. Sementara untuk kepentingan multimedia, tersedia porta audio, serta output HDMI dan VGA.

Komponen Wi-Fi dan Bluetooth dalam perangkat ini dapat di-upgrade agar selalu kompatibel dengan standar masa depan berkat adanya antarmuka M.2 onboard atau yang biasa dikenal sebagai NGFF (Next Generation Form Factor). Dan dengan desain tanpa sekrup, pengguna dapat dengan mudah merakit Liva dan perangkat kerasnya dalam waktu sekitar empat puluh detik. Jika Anda tertarik, silakan kunjungi alamat ini untuk melihat perangkat ini lebih jauh.

Sumber : www.infokomputer.com

 
Top