image

Link yang umum biasanya di gunakan untuk mengarahkan alamat dari suatu halaman ke halaman yang  lain. Trus bagaimana jika kita ingin link tersebut mengarah pada satu halaman. Test (tulisan biru disamping ini adalah anchor name, sengaja saya tampilkan biar Anda paham nantinya).

Begini maksudnya Link dalam satu halaman ini biasanya disebut dengan anchor link. Kita bisa mengarahkan link tersebut ke atas, ke tengah atau ke bawah. Biasanya digunakan untuk postingan yang panjang dengan sub-sub halaman atau menggunakan beberapa bab.

Sesuai dengan namanya (Anchor link) untuk membuat link ini kita butuh yang namanya anchor name dan juga link name. Untuk lebih jelasnya mari kita sama-sama mencoba.

Pertama kita buat dulu anchor name:

<a name="test"> test </a> 



Pada anchor name inilah link kita akan mengarah, tepatnya satu baris di bawah tempat kita meletakkannya. Sebagai contoh anchor name ini akan Saya letakkan tepat dibawah judul postingan ini.



Untuk tulisan test yang berwarna merah boleh di ganti dengan tulisan apa saja, sedang test yang berwarna biru boleh dihilangkan.



Kedua yang harus kita buat adalah link name:




<a href="#test"> kembali keatas </a> 



Link name ini kita gunakan untuk mengarahkan di mana anchor name tadi diletakkan, sebagai contoh link name diatas akan Saya letakkan di bawah postingan.



Perlu diingat!! untuk tulisan test pada link name harus sama dengan anchor name. Untuk tulisan kembali ke atas boleh dirubah dengan kata apa saja.



Misal: kembali ke atas, ketengah atau bawah karena fungsinya untuk keterangan saja.



CATATAN PENTING!!




Perlu diingat, Jika Anda menggunakan blogger, gunakan mode 'Edit HTML'  setelah Anda memasang anchor name dan link name. Jangan sekali-sekali Anda pindah ke mode 'Compose' lebih baik langsung Anda Publish atau Terbitkan Entri karena kalau Anda kembali pada mode edit 'Compose' link name akan berubah menjadi link milik Blogger.




OK sampai disini dulu. untuk melihat contoh hasilnya silahkan Anda klik Kembali Ke Atas







Semoga Bermanfaat




Sumber : http://belajar-coreldraw.blogspot.com

 
Top