Foto adalah suatu dokumen dan arsip yang merupakan kenangan seseorang, namun foto akan mempunyai nilai lebih jika kita efek dengan Photoshop dan sedikit imajinasi.
Dalam Tutorial kali ini kita akan belajar Photoshop bagaimana cara membuat foto efek dengan efek bayangan lantai, maksudnya kita umpamakan saja lantai tersebut sangat mengkilap sehingga mampu menampilkan bayangan pantulan foto kita.
Caranya:
1. Jalankan program Photoshop. File => Open atau tekan [ctrl] + [O] Setelah itu carilah gambar yang akan diefek, Sebagai contoh disini saya menggunakan foto teman saya:

clip_image001
2. Buat lembar kerja/ kanvas baru, klik File => New dan atur seperti ini
clip_image003
Lalu tekan "OK"
3. Pindahkan foto tersebut dengan clip_image005move tool ke lembar kerja baru yang telah dibuat, untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat tutorial Menggabungkan Gambar ke Dalam 1 Kanvas.

4. Setelah itu kita transform gambar terebut
caranya: tekan [ctrl] + [T] sehingga muncul titik transform di sekitar sudut gambar
clip_image006
setelah selesai tekan [enter]

5. Setelah itu kalian klik kanan layer 1 di sebelah kanan lalu pilih "Duplicate Layer". Setelah itu muncul kotak dialog Duplicate Layer, kalian "OK".

6. Tekan [Ctrl] + [T] untuk mentransform gambar. Inilah saat yang agak butuh kesabaran karena kita harus memutar gambar searah jarum jam dan mengatur sehingga berbentuk seperti ini

clip_image007setelah itu tekan [enter]

7. Sekarang tinggal menambahkan effect, pada menu utama pilih Effect => Blur => Glausian Blur
Setelah muncul dialog set dengan pengaturan Radius 2,7 pixels. Tekan "OK"
Hasilnya:
clip_image008
8. Sebetulnya sudah selesai tapi jika ingin memperbagus lagi maka kalian tambahkan saja backgroundnya dengan effect => render => Lens Flare dan ubah background menjadi hitam dengan Paint Bucket Tool
Hasil:
clip_image009
Selamat belajar Photoshop
Semoga Bermanfaat ^_^

 
Top