http://blog.scoopz.com/wp-content/uploads/2011/09/Autocad_logo.png
Melanjutkan tutorial pada posting sebelumnya yang berjudul Mengubah Warna Work Area AutoCAD. Nah kali ini kita akan membahas tentang perintah pada AutoCAD, sebenarnya ada 3 cara untuk memulai perintah pada AutoCAD, contoh untuk membuat garis kita dapat menggunakan cara-cara seperti dibawah ini;
  1. Mengetik pada Jendela perintah/Command
  2. Mengklik icon Line pada Toolbar
  3. Pada Menu Bar => Draw => Line
Perintah Pada AutoCAD
1. Mengetik pada Jendela perintah atau Command
Apabila secara langsung, Anda bisa langsung mengetik Line  ┘  (symbol   adalah Enter) di command window dari keyboard Anda.
image
Untuk AutoCAD versi 2007 keatas biasanya text muncul bukan di command windows lagi tapi di layar kerja disamping cursor mouse. Setelah Anda mengetikkan perintah misal; ketik Line lalu tekan tombol Enter , ketika Anda ketik ukuran dengan Specify next point; 10 maka nilai 10 tampil disamping cursor mouse, seperti gambar dibawah ini;
image
2. Mengklik icon Line pada Toolbar
image
3. Pada Menu Bar --> Draw -->Klik  Line
image
Yang semula cursor mouse berbentuk;
image
Akan menjadi;
image
Dan Anda siap untuk melakukan/eksekusi perintah Line, dan untuk mengakhirinya Anda tekan tombol Enter, untuk mengulangi perintah Line yang baru Anda tidak perlu klik perintah Line lagi, tapi hanya menekan Enter sekali lagi Anda sudah bisa melakukan/eksekusi perintah Line untuk yang kedua dan seterusnya.
Membatalkan Eksekusi Perintah
Pembatalan perintah dilakukan dengan menekan tombol Esc. Misalnya, jika Anda telah mengetikan perintah Line ┘ (kursor telah berubah) maka Anda tinggal menekan tombol Esc, dan seterusnya Anda bisa mengetikan perintah yang lainnya.
Menyimpan File
Seperti halnya program-program yang lainnya, AutoCAD juga menggunakan perintah save atau saveas untuk menyimpan file. Untuk AutoCAD file yang telah di simpan memiliki extensi dwg (drawing).
Pada Menu Bar => save ┘ atau
saveas ┘ untuk membuat nama file yang lain.
Dalam mengetikkan perintah jangan menggunakan spasi, seperti save as jangan di pisahkan tapi harus saveas, karena dalam AutoCAD tombol spasi berfungsi sama seperti tombol Enter (┘).
Semoga bermanfaat.
 
Top