Tutorial kali ini kita akan membuat tipografi 3D dengan Illustrator dan memberinya sentuhan Photoshop untuk membuat efek lebih realistis. Teks dengan efek batu yang berada disamping Tugu Jogja ini akan kita buat dengan teknik yang cukup mudah. Disini kita juga akan belajar mengenai teknik pencahayaan dan penggunaan tekstur untuk membuat efek 3D lebih nyata.

Hasil Akhir dari Gambar

Sebelum memulai, mari terlebih dahulu kita lihat hasil akhir dari gambar yang akan kita buat. Versi yang lebih besar dapat dilihat disini.

image

Langkah 1

Buka Adobe Illustrator untuk memulai membuat teks 3D. Dengan Type Tool ketik ‘jogja’ dengan menggunakan huruf kapital.Font yang saya gunakan disni Helvetica LT Black dengan ukuran font 300 pt dengan warna font putih #FFFFFF (pada gambar berikut sya tampilkan hitam hanya untuk memperjelas).

image

Langkah 2

Klik teks jogja dengan Selection Tool kemudian pilih Effect > 3D > Extrude & Bevel dan atur seperti gambar berikut.Tekan OK setelah selesai.

image

Langkah 3

Pilih Edit>Copy untuk mengopi teks 3D yang sudah kita buat, bisa juga dengan shortcut Ctrl+C. Buka gambar tugu jogja ini dengan Photoshop. Paste teks 3d pada dokumen Photoshop, tekan Ctrl+V akan keluar pilihan dipaste sebagai apa, pilih Smart Object.

image

Langkah 4

Langkah berikutnya kita akan membuat efek retak pada jalan yang terletak dibawah teks. Buka gambar tanah retak ini dengan Photoshop dan paste pada dokumen kita. Tekan Ctrl+T dan perkecil ukuran gambar tekstur tanahnya. Jangan tekan enter dulu, klik kanan pada layer tekstur tanah pilih Distort. Klik setiap sudut layer dan geser sampai seperti gambar berikut.

image

tekan enter, ubah Blending Modenya menjadi Multiply. Hapus beberapa bagian dari tekstur tanah yang terletak dipinggir agar lebih realistis dan tidak tampak bersudut.

image

Langkah 5

Sekarang kita akan membuat teks 3D tampak seperti batu. Buka gambar tekstur tembok ini dengan Photoshop dan paste pada dokumen kita. Tekan Ctrl+T dan perkecil ukuran gambar tekstur tanahnya.sebelum menekan enter, klik kanan pada layer tekstur tanah pilih Distort dan geser setiap sudutnya hingga seperti gamba berikut. Buat seleksi yang mengelilingi tulisan JOGJA, kemudian lakukan masking pada layer tekstur tembok.

image

Ubah Blending Mode layer tekstur tembok menjadi Linear Burn dan opacity 70%, sejauh akan kita dapati sepeti berikut.

image

Langkah 6

Buat Adjustment Layer baru dengan Layer > New Adjustment Layer > Levels kemudian untuk setting level pilih Lighten Shadow.Ini membuat teks 3D lebih terang. Tekan Alt dan klik pada garis perbatasan layer 2 dan layer level, ini akan membuat level hanya memberikan efek pada layer 2.

image

Langkah 7

Buat layer baru. lakukan seleksi sepeti langkah 5, gunakan Gradient Tool untuk membuat Linear Gradient dari hitam #000000 ke transparent pada bagian bawah teks 3D.

image

Langkah 8

Coba perhatikan warna Tugu Jogja, nampak agak kuning di malam hari. Kita akan membuat teks 3D memiliki warna seperti Tugu Jogja agar tampak lebih realistis. Tambah layer baru diatas layer levels 1. Buat lagi seleksi seperti langkah 5. Ubah warna Foreground menjadi #fb8701, dengan paint Bucket Tool penuhi area seleksi dengan warna tersebut. Ubah blending mode menajadi Color dan tambahkan Layer Mask. Lakukan masking dengan Gradient Tool pada bagian bawah tulisan.

image

Langkah 9

Beberapa langkah berikutnya adalah memberi bayangan teks 3D. Gunakan Pen Tool untuk membuat path seperti gambar berikut. Untuk cara menggunakan Pen. Buat Layer baru, penuhi path dengan warna hitam #000000, pada menu bar pilih Filter > Blur > Gaussian Blur buat radius 2 pixel. Ubah opacity menjadi 60 %.

image

lakukan juga untuk huruf-huruf lainnya akan kita dapatkan gambar seperti berikut.

image

Langkah 10

Ketik ‘JOGJA’ dengan font Helvetica LT Black, ukuran font 300 pt dengan warna font hitam #000000.Pada layer palet, klik kanan layer baru ini, pilih Convert to Smart Object. Tekan Ctrl+T dan lakukan transform dengan distort seperti pada langkah 4. Ubah Opacity menjadi 60% dan klik Filter > Blur > Gaussian Blur, gunakan radius 3 pixel.

image

Langkah 11

Beri sedikit ladi bayang-bayang di bagian bawah tulisan. Buat path berbentuk elips dibawah huruf J, buat layer baru dan penuhi path tadi dengan warna hitam. Klik Filter > Blur > Gaussian Blur, gunakan radius 3 pixel dan ubah Opacity layer menjadi 60 %. Lakukan untuk sisa huruf lainnya dengan ukuran elips sesuai dengan huruf yang akan diberi bayangan.

image

Langkah 12

Langkah terahir adalah mengatur warna agar setiap layer tampak menyatu. Buat layer baru Layer > New Adjustment Layer > Curves dan letakkan posisinya paling atas pada layer palet.Atur Curve sepeti berikut.

image

Hasil Akhir

Inilah hasil akhir dari wallpaper yang kita buat.

image

Sumber : http://grafisia.com

 
Top