Pada acara CES 2014 yang berlangsung di Las Vegas, Intel memperkenalkan Edison, sebuah PC berasaskan Intel Quark SoC seukuran sebuah SD Card. Dengan menghadirkan Edison, Intel sudah memastikan bahawa pengecilan komponen PC telah memasuki tahap baru, yakni “Wearable Technology”.

image

Intel Edison ini dibuat dengan teknologi Intel Quark SoC, dilengkapi dengan cpu dual-core dengan proses fabrikasi 22nm, dan merupakan pengembangan dari Intel Quark SoC X1000(400Mhz Single Core, 32nm) yang terdahulu. Diciptakan untuk peranti ultra-small dan low-power, produk ini terdiri dari sebuah SoC(prosesor) Intel dan serangkaian microcontroller yang bertugas mengendalikan I/O dan fungsi lainnya. Peranti yang sangat kecil ini pun masih dilengkapi dengan sambungan Wi-Fi, Bluetooth LE, serta LPDDR2 dan NAND Flash Storage. CPU yang terpasang pada Edison bersesuaian dengan standard x86, dan memungkinkannya untuk menjalankan Linux, atau sistem operasi lainnya.

image
Belum ada detail mengenai spesifikasi lengkap dari Edison, namun produk ini diperkirakan akan diluncurkan pertengahan 2014. Cukup menarik untuk melihat apa yang bisa dilakukan para developer dengan konsep “wearable technology” seperti yang diperkenalkan pada Intel Edison. Mari tunggu kehadirannya!

Sumber : http://www.intel.com/content/www/us/en/do-it-yourself/edison.html

 
Top