image
Sudah banyak yang membahas bagaimana cara menggunakan software editing profesional Pinnacle Studio baik dalam bentuk artikel dan tutorial maupun Buku panduan lengkap yang bisa dibeli di Toko Buku langganan Anda,yang kesemuanya membahas secara tuntas dari pengenalan software sampai detail fungsi dari masing-masing fitur didalamnya.
Namun dalam pembahasan saya disini mengajak anda untuk langsung belajar bersama-sama dengan maksud tidak menggurui dalam menyelesaikan setiap pekerjaan editing sesuai dengan judul yang ada, tidak sistematis dengan maksud mengarah kepraktis,seperti pembahasan pertama ini Cara Memotong Video Dengan Pinnacle Studio.
1. Buka software Pinacle Studio,yang tentunya video yang akan diedit sudah disiapkan pula.
2. Pada tampilan yang muncul,klik > Select Video Files From A Different Folder,cari dimana video yang akan di edit disimpan dan bila sudah ditentukan,klik > Open, tunggu sampai Detecting scenes from video file, selesai.
image
3. Untuk menampilkan semua file video dalam satu folder,contreng > File,dan untuk melihat semua scenes dalam satu file video,klik video yang akan dilihat scenes-nya,kemudian contreng > Scenes.
4. Masukan video ke area edit dengan cara,klik kiri video yang akan kita edit,tahan mouse dan geser video tersebut ke area edit (drag and drop).
5. Cara cepat memotong video,silahkan anda putar video tersebut dan tentukan bagian video yang akan dipotong baik awal video maupun akhir video,atau geser slider untuk menentukan area video yang akan dipotong.
image
  • Bila sudah ditentukan,klik kanan baik pada awal video maupun diakhir video yang akan dipotong,klik > Split Video.
  • Bila video yang baru saja dipotong akan dibuang,klik kanan pada scene video tersebut > Cut.
  • Bila video yang baru saja dipotong akan dipergunakan,lakukan Cut/Delete pada scene video lainnya.
6. Cara yang lebih presisi,dan cara ini dilakukan per-scene video,yaitu kita memilih scene video yang akan kita ambil dengan menentukan awal dan akhir scene video tersebut,yang sisanya otomatis dibuang.
  • Klik > Open/Close Video Tool Box,sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini
image
  • Klik > Play Trimmed Clip (1),untuk memutar video tersebut atau tekan keyboard “Spacebar”,bila sudah ditentukan awal scene video tersebut klik > Set Start Time To Frame Shown On Player (2),atau tombol keyboard “I”,dan untuk menentukan akhir dari scene video tersebut klik > Set End Time To Frame Shown On Player (3),atau tombol keyboard “O”.
image
  • Kalau hanya untuk merubah atau memperpendek durasi scene video tersebut,bisa dilakukan cara manual dengan merubah tombol panah kecil timer atau tarik bulatan seperti gambar “X” baik awal maupun akhir scene video.
Itulah tahapan cara memotong (Cutting) atau Split Video mempergunakan software Editing Video Profesional Pinnacle Studio.
Sekian, semoga bermanfaat.
SemangART.
 
Top