Teks berupa animasi  umumnya digunakan pada introduksi atau opening title juga sub title di dalam sebuah video. Salah satu fungsinya untuk mendeskripsikan atau mempresentasikan sebagian atau keseluruhan dari video yang ditayangkan, selain juga tentunya untuk mempercantik.
Walaupun ini termasuk tutorial Animasi dasar dari After Effect, tapi tidak akan terlalu jauh untuk menjelaskan fungsi-fungsi tools beserta cara penggunaan secara mendetail, karena hal itu sudah dibahas di sini
Sebelum memulai, sediakan segelas kopi panas dengan diiringi lantunan musik jika memang diperlukan untuk merilekskan suasana :)
Ok, langsung saja saya mencoba berbagi Langkah - Langkah praktisnya dalam membuat Teks Animasi di Adobe After Effect.

1. Buka Program / Aplikasi After Effectnya di Laptop atau PC anda.

2. Lalu buat composition baru, dengan mengklik icon “New Composition” seperti terlihat pada gambar di bawah :
composite

3. Untuk memudahkan dalam pengingatan nantinya, Anda bisa mengganti “Composition Name” dengan nama sesuai proyek.
composite name

4. Jika Anda kesulitan menempatkan keserasian dan keseimbangan teks, Anda bisa menggunakan Title / Action Safe sebagai alat bantunya, seperti terlihat pada gambar di bawah :

title action safe

5. Setelah itu, klik Teks Tool, dan tuliskan teks yang diinginkan, atur juga seperti tipe teks yang dipakai dan ukuran huruf beserta perpaduan warnanya.
Sebagai contoh, di sini saya menggunakan teks “ILMUGRAFIS.COM SEMOGA BERMANFAAT”

teks tool after effect

Silakan buat tulisan / teks sesuai yang Anda mau, jangan terpatok dengan yang ada di tutorial

6. Setelah hal itu dilakukan, tibalah kita pada bagian membuat efek animasinya yaitu dengan menggunakan fasilitas “Effects  dan Presents” yang berada di Pallete (sebelah kanan),  kemudian pada bagian Contain ketik “decorder”
decorder

Nanti akan muncul “Decorder Fade In.” Silakan drag “Decorder Fade In” ke kiri menuju ke bagian layer text, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

decoder fade

7. Setelah itu, bisa langsung dilihat (direview) hasilnya dengan mengklik tombol “Play” Pada Time Controls, atau juga menggeser indicator di bagian timeline ke kanan.

timeline

8. Langkah terakhir, setelah yakin dengan hasil karya Anda, maka sekarang kita sampai ke tahap me-render (finishing), caranya dengan klik Composition > Make Movie… yang berada di Tool Bar lalu klik “Render”

render animasi

9. Tunggu sampai proses render selesai, sambil menunggu, kopinya disruput lagi gan sebelum keburu dingin :)

Nah, ini dia hasil akhirnya yang sudah ditambahkan ini dan itu. Hasilnya : Kunjungi http://www.youtube.com/watch?v=_lTvzRIzs_c

Karena ini hanya membahas Membuat Animasi teks dasar saja, maka untuk memberikan suara, efek, dan pernak pernik lainnya mungkin kawan-kawan lainnya akan membantu, atau nanti kalau banyak waktu luang  dan ada umur panjang selanjutnya ane akan share lagi. Silahkan Anda inovasikan sendiri sesuai dengan selera dan imajinasi Anda yang ane yakin akan lebih dahsyat lagi daripada ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih

Sumber : ilmugrafis

 
Top