Pada Tutorial Pinnacle kali ini kita akan belajar dasar - dasar Pinnacle yaitu mengenal fungsi - fungsi Track icon yang nantinya sering dipakai pada saat Proses Editing Video ( Layout 2 Edit) untuk editor.
Pertama adalah mengubah jendela kerja tampilan video Pinnacle, kita bisa mengubah menjadi tampilan video menjadi lebih detail misal
1. Storyboard view

pinnacle ilmugrafis
Tampilan storyboard view memberikan tampilan secara thumbnail video - video yang akan kita gabungkan / edit, hal ini akan memudahkan kita memilih scene mana yang akan kita dahulukan dan scene mana yang akan kita taruh di belakang,
Cara menDRAG memindahkan scene video:
Arahkan mouse pada scene video kemudian Tahan klik kiri pada mouse anda dan geser ke tempat yang diinginkan. Misal: Scene 7 dipindah ke scene 9 maka sorot scene 7 lakukan seperti langkah di atas lalu taruh di scene 9.


2. Timeline View
ilmugrafis.com
Tips: gunakan zoom in dan zoom out untuk memperpanjang dan memperpendek tampilan timeline. Dengan Timeline view kita bisa melihat secara detail timeline (aliran waktu video) dan track serta tambahan apa saja yang terdapat pada track video kita
pinnacle ilmugrafis
Video Track dan Audio Track jadi sewaktu merekam video maka audio akan otomatis masuk dan terinput dalam audio track.
Title Track : timeline ini nantinya untuk menambahkan subtitle dan teks ke dalam video anda.
Sound Effect Track : timeline untuk menambahkan efek suara lainnya, misal efek suara horror, efek suara kartun, efek suara pohon tumbang, efek suara ledakan dll.
Music Track : timeline ini untuk menambahkan efek musik, misalnya musik theme dari video kita, hal ini sangat bermanfaat untuk membuat video klip maupun Film Musikal.

3. Text View
pinnacle ilmugrafis
Text View pada pinnacle lebih cenderung digunakan untuk melihat lebih detil teks yang ditambahkan dan durasi video yang ada.

Terima kasih
Semoga bermanfaat

Sumber : ilmu Grafis

 
Top