Bismillahirrohmanirrohim, sahabat pencinta multimedia, yang suka editing video atau membuat film indie. Jika kita ingin berperang melawan penjajah kita harus memiliki senjata, seperti bambu runcing milik para pejuang Indonesia sebelum merdeka. Nah, senjata andalan yang akan dibahas oleh CMS (Cah Magetan Studio) kali ini adalah aplikasi editing video. 
         Pada postingan sebelumnya kami membahas tentang Pinacle 14, dalam artikel 'Pinacle 14, serasa studio sendiri di rumah'. Kali ini kita akan membahas sedikit tentang SwishMax. Apa itu SwishMax? SwishMAX adalah sebuah software animasi flash yang katane dirilis oleh SwishZone.Com. Sekedar informasi saja, banyak orang yang sudah berkiprah dalam hal flash design mengatakan kalau SwishMAX adalah Jalan pintas dari Macromedia Flash MX (ingat "JALAN PINTAS DIANGGAP PANTAS"). Nah, tak kenal maka tak sayang, sekarang kita kenalan dulu sama yang namanya SwishMax, CMS sendiri juga baru nyoba swish max ini (yang terbaru versi 4.0). Sudah jangan kelamaan mari kita coba.... ^_^ 
Timeline aplikasi editing video SwishMax

TIMELINE, dilihat dari timeline swishMax mempunyai susunan timeline yang simple dan mudah dipahami. Misalnya jika kita meng-insert sebuah effect maka timeline dimana kamu insert efek akan muncul nama efek animasi yang dibuat. 
Tampilan layer

LAYER, layer dalam SwishMAX mempunyai ciri khas yang unik. Mengapa demikian? karena pada layer tersebut terdapat symbol dari tool yang kita pakai pada suatu timeline. dan pada SwishMax ini satu layer digunakan oleh satu Tools. sehingga kita bisa dengan mudah mengenali layer apa dan tool apa yang dipakai..Misalnya jika kita mau menulis text maka secara otomatis setelah kita mengetik text tersebut, pada bagian Layer juga otomatis tercipta Layer baru dengan symbol TEXT. 
Print screen effect builth-in

EFFECT BUILT-IN, Dalam FLASH MX mungkin kita kudu nulis action script yang bikin pusing kepala hanya untuk membuat sebuah animasi sederhana. But, tidak dengan SwishMax..Pada Swish ini kita disuguhi beragam effect yang telah built-in di dalamnya. Tinggal insert aja maka animasi langsung jadi,.gak perlu susah2 mikir script. Ada banyak banget effect yang disediakan. Tinggal klik aja di sebelah kiri Timeline ada tulisan “Add Effect” terus pilih sesukamu. 
Print screen actian script

ACTIOIN SCRIPT,eits..jangan salah kalo Swish uda ada effect built-in terus gak ada action script nya..Disini juga tersedia menu action script untuk memudahkan kita mengatur animasi yang kita buat. Menu action script berada tepat di bawah menu “Add Effect”. Walaupun kedengarannya action script,tapi kita dijamin gak bakal pusing mau nulis script kayak gimana,,,coz disitu udah ada navigasi yang jelas yang akan menghantarkan kita ke script apa yang kita butuhkan. Salam dari studio.cahmagetan.com , berbagi tutorial animasi, desain grafis dan blogging, semoga bermanfaat, silakan dibagikan. :)

 
Top