2pin1

Sebelum kita mempelajari Video Editing maupun Video Production dengan software Video Production seperti Pinnacle Studio , Adobe Premiere , After Effect , Sony Vegas dan yang lainnya secara lebih jauh maka ada baiknya kita mengenal dulu jenis - jenis file video, Ekstensi file video berbeda-beda menurut kompresinya. Pasti anda pernah mendengar istilah AVI , MPG , WMV , MOV , RM. untuk mengetahui extensi file bisa dilihat melalui properties file.
Ok mari kita bedah / Oprek jenis extensi file ini satu per satu
1. AVI (*.avi)
File jenis Avi adalah Audio Video Interleave. Diperkenalkan pertamakali oleh microsoft pada november 1992 sebagai format multimedia yang menyesuaikan antara audio dengan video. File Avi juga memiliki beberapa tingkat kompresi yang nantinya dapat mempengaruhi ukuran file Avi tersebut. Untuk melihatnya bisa dengan klik kanan file pilih Properties lalu klik Summary. Jenis Kompresi akan juga mempengaruhi ukuran filenya dan kualitas gambar video ketika diputer atau dimainkan. Biasanya untuk memutar file Avi diperlukan codec, singkatan untuk (en)coder/decoder.
2. MPG
File jenis ini bisa dibuka pada VCD maupun DVD player setelah diburning dalam bentuk VCD maupun DVD. MPG dibedakan menjadi MPG VCD (resolusi gambar biasa) , MPEG SVCD (tingkat resolusi bagus) , MPG DVD (tingkat resolusi sangat bagus).
3. WMV
Adalah bentuk format streaming yang dibuat oleh Microsoft. File WMV (*.wmv) menggunakan format pembawa ASF milik Microsoft. Berkas ini dapat dijalankan oleh Windows Media Player dan player lainnya, VLC media player atau Media Player Classic. Beberapa player pihak ketiga juga ada untuk berbagai platform seperti Linux yang menggunakan implementasi FFmpeg untuk codec WMV.
4. MOV
 

2pin2


File Video ini bisa dibuka dengan aplikasi Quick Time Player dari Apple. Format MOV ini dikembangkan lagi oleh organisasi MPEG dengan menelurkan format lainnya yaitu MP4 atau MPEG-4 yaitu salah satu format berkas pengodean suara dan gambar/video turunan dari Quick Time milik Apple.
5. RM
RM atau biasa disebut dengan Real Media. File jenis ini bisa dimainkan dengan Real Player.
Sebetulnya masih banyak lagi format Video yang lainnya tapi ketika berkenalan Pinnacle Studio maka Ekstension yang paling banyak digunakan pada umumnya adalah ekstensi file video di atas.
Dapat disimpulkan walaupun sama - sama jenis file video tapi filenya berbeda. Jadi ketika kita akan memproduksi sebuah video maka kita juga harus berfikir apa hasil akhir yang akan kita gunakan nantinya apakah diproduksi dalam bentuk CD, VCD, DVD, Media PC dan sistem Streaming Jaringan Internet.


Terima kasih, Semoga bermanfaat dan tetap semangART.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top